GreenOTO Spesialis AC Mobil

Memuat...

Februari 23, 2012

Deteksi Masalah AC Mobil


AC MOBIL ANDA TIDAK DINGIN??
Cobalah periksa bagian saluran pipanya, EVAPORATOR , atau condensornya. siapa tahu sumber masalahnya terletak pada bagian itu.

Jika anda menemukan cairan atau kotoran yg melekat pada saluran pipa AC Mobil, anda pantas mencurigainya. sebab cairan / kotoran itu, bisa jadi berasal dari freon ac yg bocor.
akibatnya AC Mobil bs mengalami GANGGUAN atau daya pendinginnya tdk bisa bekerja secara maksimal.

Hal yg Sama juga bisa terjadi pada condensor & Evaporatornya. walaupun kedua komponen tersebut jarang mengalami kerusakan--tetapi jika tiba2 mobil anda mengeluarkan GAS BERWARNA PUTIH--Itu bs pertanda evaporator mobil anda mengalami kebocoran.
Apabila hal tersebut terjadi pada saat anda menjalankan mobil, sebaiknya bukalah jendela, berhenti atau KELUAR DARI MOBIL.
setelah itu jgn menggunakan ac lagi, sampai bagian yg rusak selesai diperbaiki.

Evaporator yg bocor biasanya sulit diperbaiki. sebab kebocoran pada pipa evap -- terjadi karena korosi-- yg terbuat dari aluminium, itu sulit di las, karena sepanjang pipa cenderung mengalami hal yg sama. jadi, mau tdk mau, evaporator hrs diganti dgn yg baru.
Agar EVAPORATOR AC mobil bs BERTAHAN LAMA, biasakanlah membersihkan saringan udara, juga selang karet pembuangan airnya. atau pindahkan ujung selang, sehingga tdk bersinggungan dgn pipa knalpot.

Penyebab lain AC tidak dingin, adalah krn Compressor rusak atau magnet clutch nya tdk bekerja dgn baik. compressor yg rusak biasanya didahului dgn bunyi "koklok''. walaupun freonnya sdh diisi, tetap saja AC tdk kunjung dingin.

Saat ini, banyak mobil dilengkapi dgn elektrik fan, atau pendingin tambahan. gunanya, untuk menjaga temperatur mesin, kondensor AC, dan menambah tekanan udara pada radiator mesin.
Jadi, sesekali periksalah elektrik fan tersebut. apakah masih bekerja dgn baik atau tidak. anda bs megeceknya di saat parkir dan masih hidup. jika bunyi mesin mobil, sesekali terdengar keras dan lembut, itu menunjukan bahwa elektrik fan dan thermostat-nya dalam keadaan baik.

PERSEDIAN FREON kurang atau berlebihan juga bisa jadi penyebab AC mobil tidak dingin. untuk mengetahui isi freon kurang, bs dilihat dari gelembung udara pada sight glass(kaca) pengontrol dibagian atas tabung receiver-nya. jika isi freon berlebihan , sight glass akan tampak jernih tanpa gelembung udara. guna memastikan, normal-tidaknya jumlah freon disaluran ac mobil, lebih lanjut bisa dipastikan dengan alat pengukur tekanan.

Kerusakan AC mobil, dgn sendirinya akan menggangu kenyamanan anda dalam MENGENDARAI mobil. jadi, sebelum sesuatunya terjadi pada AC mobil anda, segeralah memeriksakannya di :
Bengkel specialist AC MOBIL & Spare Part

GREENOTO
021-86611342 , 92405888

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Click to feed me!