Flash Banner

GreenOTO Spesialis AC Mobil

Memuat...

Maret 04, 2012

Apa Saja Penyebab Kompresor Bermasalah?

Beberapa alasan berikut merupakan alasan-alasan kompresor menjadi bermasalah:

1. Pulley dan Pressure Plate Rusak
Mekanisme kerja kompresor sangat tergantung pada kondisi pulley dan pressure plate. Kompresor ini merupakan komponen yang berputar saat mesin mobil dan AC mulai diaktifkan. Peranti ini berfungsi untuk menyalurkan tekanan dari pressure plate untuk mengaktifkan kompresor agar menekan freon ke sistem AC.
Bila keduanya aus, maka putaran mesin untuk memberikan tenaga bagi kompresor untuk menekan freon yang diubah menjadi udara dingin menjadi tidak maksimal. Akibatnya, AC tidak dingin.
Akibat lainnya, saat AC dihidupkan akan terdengar suara berisik karena gesekan antara pulley dan pressure plate kadang cepat dan kadang lambat.

2. Sekring putus.
Bila sekring putus, maka arus listrik tidak akan mengalir ke kompresor. Oleh sebab itu, semburan freon ke sistem AC pun tidak berlangsung sehingga AC tidak menghasilkan hawa dingin.
Oleh karena itu, bila mendapati AC mobil Anda tidak dingin, jangan segera memvonis freon habis atau komponen dari sistem AC bermasalah. Sebelum memeriksa komponen tersebut sebaiknya memeriksa dulu sekring listrik.

3. Seal bocor
Seperti disebut di bagian atas, fungsi kompresor adalah memberikan tekanan atau memompa gas freon ke sistem AC untuk diubah menjadi hawa dingin. Agar tekanan tersebut benar-benar kuat, maka bagian-bagian kompresor tidak boleh bocor termasuk seal.
Bila pelapis yang berupa karet tersebut retak atau robek, maka akan menimbulkan kebocoran. Akibatnya, tekanan kompresor untuk menyemburkan gas freon ke sistem AC juga kurang kuat. Hawa AC pun tidak dingin seperti yang diharapkan.

4. Oli kompresor habis atau berkurang
Meski kelihatan sangat sepele, jangan pernah meremehkan keberadaan oli kompresor. Pasalnya, bila cairan itu berkurang atau habis, maka proses kerja kompresor pun terganggu.
Akibatnya, kompresor tidak mampu menghasilkan tekanan yang tinggi sehingga hawa dingin dari AC pun tidak tercipta.

5. Beberapa penyebab lain
Bila beberapa komponen di atas tidak menunjukkan gejala masalah, selanjutnya periksalah ring center pice, relay kompresor, kontrol tegangan thermostat, amply AC dan spul magnet AC.
Bila salah satu di antaranya bermasalah, maka kompresor pun rewel. Akibatnya hawa dingin juga tidak akan menyembur dari AC mobil Anda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Click to feed me!