Penyebab Angin AC Mobil Tidak Keluar - GreenOTO

Penyebab Angin AC Mobil Tidak Keluar

Angin ac mobil tidak keluar - Mungkin di antara pemilik mobil,pernah mengalami kalau angin ac mobil nya tidak keluar atau angin ac yang keluar kecil dari dashboard ac mobil.Dari pengalaman selama ini ada dua macam angin ac mobil tidak keluar.

1.Dari  awal ac hidup memang sudah tidak keluar angin
2.Awal ac hidup ada keluar angin tetapi lama-kelamaan angin tidak keluar

Tentu saja dari kedua hal di atas masing-masing berbeda penyebabnya.

Untuk kondisi pada point pertama sudah jelas masalah ada di system elektrikal,berikut troubleshoting untuk mencari penyebab dan mengatasinya.

1.Periksa sekring yang berada di rumah fuse,akan lebih enak kalau fungsi sekring masih tertulis misal di tutup kotak sekring karena tidak perlu meraba sekring mana yang putus,tinggal di cari  sekring AC-Blower atau ada mobil menggunakan nama sekring Heater.

2.Langkah berikutnya periksa voltase atau tegangan di blower

3.Setelah di cek kalau ternyata ada voltase atau tegangan di blower dari sini sudah bisa ditebak komponen yang memang rawan untuk rusak yaitu resistor blower.
Letak resistor blower ac mobil
Lain lagi masalahnya kalau angin ac mobil keluar tetapi lama-kelamaan berhenti keluar lewat grill ac di dashboard.

Yang sering ditemui kalau hal ini terjadi biasanya di sebabkan karena evaporator yang kotor, kotornya evaporator selain menghalangi aliran udara yang bisa dicek menggunakan airflow meter juga akan mempengaruhi cut off dari kompressor ac.Karena sensor temperatur di evap tidak akan tercapai suhu cut off.
Gambar Evaporator Kotor
Kalau hal ini teradi kompressor ac akan terus bekerja,lama kelamaan terbentuk gumpalan- gumpalan es di evaporator yang berakibat menghalangi hembusan udara dari blower.Sehingga angin tidak keluar dari grill ac didashboard,tetapi kalau didengarkan ada suara angin di dalam dashboard yang mengendap.

Untuk permasalahan seperti ini bisa di lakukan tindakan sementara,yaitu setel suhu pengaturan pada posisi minimal artinya sama dengan mematikan kompressor ac terus arahkan kecepatan angin pada posisi maksimum supaya gumpalan es di evaporator mencair.Begitu es sudah mencair angin perlahan akan keluar lewat grill ac.

Untuk mencegah hal diatas terjadi saat menghidupkan ac usahakan setel temperatur kira-kira 3/4 dari setelan suhu aksimum (lihat gambar di bawah pada bagian temp) atau ambil posisi maksimum di mana kompressor ac mau untuk on dan off secara otomatis.
Panel pada dashboard ac mobil
Tentu saja kalau evaporator ac sudah kotor langkahnya adalah di lakukan pembersihan,kalau untuk ac mobil yang belum di lengkapi dengan saringan  evap lebih baik lagi kalau di buat atau di pasang saringan evap atau filter kabin.




Source : http://www.ac-elektrik.com
Penyebab Angin AC Mobil Tidak Keluar - GreenOTO Penyebab Angin AC Mobil Tidak Keluar - GreenOTO Reviewed by RAZQA COM on April 05, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.