Troubleshooting Ac mobil - GreenOTO

Blower belakang ac Innova 2.0 E tidak bekerja, angin tidak keluar dari grill ac di atap kabin. Sedangkan angin  dari grill ac di dashboard normal. Perlu sedikit extra untuk membongkar dan memperbaiki kerusakan yang terjadi, karena kabin belakang yang penuh dengan audio system. Penyebab diketahui dari system elektrikal di blower bagian belakang setelah di cek tegangan yang ada di saklar blower tidak ada, yang ada hanya tegangan untuk mengontrol relay untuk suply arus listrik ke blower.

Setelah semua perangkat sound system sudah turun, saat nya untuk mencari permasalahan yang menjadi penyebab kenapa blower tidak berputar apakah motor blower, kontak relay ac atau resistor blower.
Rumah Blower Belakang Innova
Dari kontak relay pin 87 terdapat output tegangan 12 volt menuju blower, sementara itu dari pin satunya dari motor blower tidak menunjukan adanya tegangan, akhirnya buka blower dan ukur menggunakan ohm meter 1x untuk mengukur tahanan apakah karbon brush habis atau komutator sudah aus.Ternyata benar dari hasil pengukuran ohm meter dari avo meter jarum tidak bergerak, yang artinya ada yang putus.
Periksa Blower dengan Avometer
Setelah diketahui motor blower rusak untuk mengatasi masalah yang ada bisa di ganti dengan blower baru, tapi sebelum ganti blower baru perlu untuk mengetahui bagian komponen motor blower yang rusak.

Saatnya untuk mengetahui secara fisik komponen motor blower yang bermasalah,berikut gambar-gambarnya.
Setelah berhasil di buka ternyata kondisi carbon brush masih panjang, komutator juga masih tebal, setelah diperiksa lebih teliti permukaan tempat bersentuhan carbon brush dan komutator terlihat kasar, yang menjadi penyebab tidak terhubung dengan baik antara komutator dengan karbon brush.
Pemeriksaan Kondisi Komutator Motor Blower
Pemeriksaan Komutator Blower 2
Setelah kedua permukaan baik carbon brush atau komutator dihaluskan permukaan yang kasar, serta diberikan sedikit pelumasan pada bushing atau bearing kemudian di pasang dan ukur menggunakan ohm meter hubungan terlihat baik.
Mengembalikan Motor Blower ke rumah blower
Setelah komponen motor blower kembali dirangkai dan cek putaran normal kini saatnya untuk di pasang pada rumah blower. Coba hidupkan ac dan fungsi ac normal kembali.

Melihat kondisi motor blower seperti gambaran diatas perlu tidak mengganti dengan yang baru? semua terserah pada Anda pemilik mobil.


Source : http://blokkuiki.blogspot.com/2012/05/troubleshooting-blower-belakang-ac.html



GreenOTO
" Specialis Ac Mobil "

WorkShop - Jakarta Timur ( Klender )
Rukan Duren Sawit Center
Jl.Dermaga Raya No:8 b
Jakarta Timur
( samping Pasar Otomotif Klender )


Another Contact
Service Ac Mobil - GreenOTO
Bengkel Ac Mobil - GreenOTO
Ym: Hendra_twin@yahoo.com
Fb : www.facebook.com/GreenOTO
www.GreenOTO.Net
Pin BB :xxx
www.GreenOTO.blogspot.com
email : hendra.greenway@gmail.com
Hp: 081947336929
Work Shop : 021-86611342
hp murah meriah : 021-92405888

#acmobil #kompresoracmobil #Dryer #expansiacmobil #klea #masalahacmobil #BengkelAcMobil #MagnetClutch #GreenOTO 021-86611342/92405888

Troubleshooting Ac mobil - GreenOTO Troubleshooting Ac mobil - GreenOTO Reviewed by RAZQA COM on October 25, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.