Sistem Alur Kerja AC Mobil - GreenOTO

Dalam sistem alur kerja ac mobil, terdapat beberapa komponen ac yang berperan penting dan merupakan penggerak atau motor utama. Ada komponen yang bernama kompresor yang kalau diibaratkan tubuh manusia ibarat jantung yang memompa darah dan mengalirkannya kembali ke seluruh bagian tubuh. Ada pula kondensor sebagai bagian kedua dari alur perjalanan ac mobil. Lalu setelah itu ada pula filter dryer dan katup ekspansi yang berperan sebagai saringan/filter. Ada pula bagian lain yang bernama evaporator (sering disebut sarang tawon) yang mengeluarkan hasil udara dingin yang selanjutnya dialiri ke dalam kabin mobil. Jika digambarkan, sistem alur kerja ac mobil akan tampak seperti gambar berikut:
Seperti jantung, komponen utama sebagai penggerak sistem alur kerja ac yang pertama adalah KOMPRESOR. Kompresor ac mobil memegang peranan sangat penting untuk terciptanya performa air conditioner yang baik. Kondisi kompresor yang masih bagus umumnya mempunyai tekanan sekitar 25-35 PSi pada tekanan 'hisap' (tekanan freon) dan sekitar 200-250 PSi pada tekanan 'tekan' (tekanan kompresor). Komponen yang serupa jantung ini berfungsi sebagai "distributor" yang membawa gas refrigerant ke seluruh komponen ac yang lain sekaligus sebagi "penekan" gas refrigerant (biasa disebut freon) menjadi hawa dingin pada akhirnya. 

Di dalam kompresor, gas refrigerant yang awalnya bersifat normal akan ditekan melalui piston-piston yang ada di dalamnya. Pada saat masuk ke kompresor, gas yang awalnya bersuhu dan bertekanan rendah akan keluar dari kompresor berupa gas yang suhu dan tekanannya tinggi. Freon hasil tekanan kompresor yang bertekanan tinggi inilah yang dialirkan ke KONDENSOR untuk didinginkan dan diubah menjadi cairan tak sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi. Proses pendinginan dalam kondensor ini disebut kondensasi. Kondensor akan menghisap dingin untuk mengeluarkan panas sehingga jika kondensor disentuh dengan tangan, maka akan terasa panas.

Setelah dari kondensor, cairan tak sempurna yang masih bertekanan tinggi tersebut dialirkan ke FILTER DRYER untuk diubah menjadi cairan sempurna yang tekanan dan suhunya masih tetap tinggi. Di dalam filter dryer ini, akan terjadi penyaringan sekaligus pengeringan uap air. Kotoran yang mungkin terbawa bersama freon pun akan disaring untuk kemudian disuplai ke KATUP EKSPANSI. Karena itu, filter dryer berfungsi ganda; sebagai pengering sekaligus penyaring kotoran yang ada pada sistem alur kerja ac mobil. Ekspansi pada sistem alur kerja ac berfungsi mengubah cairan bertekanan tinggi dari dryer menjadi kabut dengan suhu dan tekanan yang rendah.

Setelah dari katup ekspansi, kabut yang bertekanan rendah tersebut menuju EVAPORATOR dan keluar menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu rendah. Dari evaporator inilah akan keluar hawa sejuk ke dalam kabin mobil karena pada dasarnya prinsip kerja evaporator adalah menyerap hawa panas dari dalam kanin untuk mengeluarkan hawa dingin (kebalikan dari kerja kondensor). Jumlah panas yang diserap oleh evaporator harus sama dengan jumlah hawa dingin yang diserap oleh kondensor. Pada evaporator inilah terjadi proses pendinginan cairan freon di dalamnya. Uap dingin yang dihasilkan inilah yang akan dihembuskan oleh blower ke dalam kabin mobil. Pada proses inilah sistem alur kerja ac mobil selesai. Proses ini terjadi berulang-ulang selama ac dinyalakan.

Bengkel AC Mobil GreenOTO
"Spesialis AC Mobil"

WorkShop  

Rukan Duren Sawit Center
Jl.Dermaga Raya No:8 b
Jakarta Timur
( samping Pasar Otomotif Klender )


Another Contact:
Ym: Hendra_twin@yahoo.com
Fb : www.facebook.com/GreenOTO
Pin BB :xxx
email : hendra.greenway@gmail.com
Hp: 081947336929
Work Shop : 021-86611342
hp murah meriah : 021-92405888
Sistem Alur Kerja AC Mobil - GreenOTO Sistem Alur Kerja AC Mobil - GreenOTO Reviewed by RAZQA COM on March 20, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.