Fungsi Presure Switch Pada AC Mobil

AC Mobil anda tidak dingin atau mati tiba-tiba, mungkin diakibatkan oleh adanya kebocoran pada komponen spare part atau tempratur suhu mesin yang terlalu tinggi, tetapi tahukah kalian sobat corner penyebab ac mobil anda tidak berfungsi atau mati seketika, sebenarnya telah dilindungin dengan alat yang bernama Press Switch (Pressure Switch). Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang pengaman yang ada pada komponen ac mobil anda yaitu Press Switch, bagaimana cara kerja alat ini berfungsi, dan apa saja manfaat bila anda menggunakan alat ini. Berikut beberapa penjelasan dari saya:
Pressure Switch atau biasa disebut Press Switch adalah suatu alat saklar tekanan yang berfungsi sebagai pengaman pada ac mobil, didalam komponen press switch terdapat sensor liquid, yang secara otomatis berkerja berdasarkan tekanan yang ada pada sirkulasi gas freon dan juga tempratur suhu mesin. pada press switch juga terdapat konektor kabel yang terhubung pada kompresor ac mobil.
Contoh gambar press switch model ND khusus Freon R134:
Cara kerja alat ini ialah mengatur kinerja tekanan gas freon saat ac mobil difungsikan (dihidupkan) dan sebagai pengaman saat terjadi kebocoran ataupun tekanan tempratur suhu mesin yang tinggi, agar tidak terjadi kerusakan pada komponen ac mobil. Jadi sobat corner, apabila terjadi kebocoran gas freon maka sensor liquid yang ada pada press switch akan menutup dan akan menghentikan atau mematikan kerja kompressor ac mobil, begitu pula apabila tekanan suhu mesin yang tinggi (over).
Penggunaan komponen press switch umumnya telah dipasangkan pada pabrikan merk tipe mobil yang telah berkerja sama dengan perusahaan pembuat spare part ac mobil (ac mobil bawaan pabrikan), namun bagi mobil yang belum ada ac mobil nya atau ac mobil yang dipasang sebagai unit tambahan (ac mobil universal) dapat dimodifikasikan untuk pemasangan press switch.
Manfaat dengan adanya press switch sangat besar, seperti yang telah saya jelaskan diatas press switch adalah sebagai saklar tekanan dan sistem pengaman. Bayangkan saja bila ac mobil anda tidak disertai dengan press switch, maka apabila terjadi kebocoran pada ac mobil anda, kompresor akan terus berkerja memompa gas pendingin freon, padahal gas freon dan oli kompresor (sebagai pelumas) telah ikut habis terbuang oleh bocor yang terjadi, sehingga kompresor yang terus-menerus memompa dalam keadaan kosong (tidak adanya gas freon dan oli kompresor) akan berakibat kompresor jebol atau rusak dan pastinya biaya yang akan anda keluarkan jauh lebih besar.

Press switch juga bermanfaat bila tekanan suhu mesin mobil atau tekanan gas freon terlalu tinggi, maka press switch akan menghentikan gerak kompresor dan membuang sebagian gas freon yang terlalu tinggi (pada sebagian jenis kompresor terdapat komponen katup pengaman yang bertugas membuang gas freon secara otomatis bila tekanan terlalu besar).

Sebagai catatan tambahan adalah apabila mobil anda sobat corner, mengalami kerusakan berupa kebocoran sebaiknya mengganti juga filter driyer dengan yang baru, agar memastikan kotoran yang masuk karena adanya lubang kebocoran telah bersih sempurna, karena bila ada kotoran yang masih menempel akan membuat ac mobil anda nantinya mengalami kebuntuan. Untuk dapat lebih memahami cara perawatan ac mobil dapat kalian sobat corner, baca pada artikel sebelumnya yang telah saya tuliskan dan semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian sobat corner tercinta.
 
 
Source : http://dhanzcorner.blogspot.com
Fungsi Presure Switch Pada AC Mobil Fungsi Presure Switch Pada AC Mobil Reviewed by RAZQA COM on May 25, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.