Flash Banner

GreenOTO Spesialis AC Mobil

Agustus 14, 2015

GreenOTO on Kompas Otomotif.com

Cara Sederhana Rawat AC Mobil Agar Tetap Sejuk

Jumat, 14 Agustus 2015 | 08:02 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Pemilik kendaraan roda empat pasti menginginkan penyejuk ruangan atau Air Conditioner (AC) tetap bekerja dengan maksimal. Apalagi saat cuaca di siang hari sedang terik, dan kabin membutuhkan AC agar tetap sejuk.

Hendra Poh, pemilik bengkel spesialis AC mobil GreenOto di jalan Dermaga Raya, Nomor 8, Duren Sawit, Klender, Jakarta Timur, mencoba memberikan cara sederhana merawat AC mobil tetap dingin.

Pertama menurut Hendra, untuk pengguna mobil keluaran 2012 ke atas, harus sering membersikan saringan AC yang ada di kabin setiap 10.000 km atau enam bulan sekali.  Kedua, setahun sekali wajib melakukan perawatan ringan seperti membersihkan rumah kipas dengan cara mencuci atau menyemprotnya dengan angin.

“Tapi tidak semua mobil bisa dicuci rumah kipasnya, seperti Mazda2 tidak bisa dicuci, jadi harus disemprot angin,” kata Hendra saat ditemuiKompasOtomotif, Kamis (13/8/2015).

Ketika mencuci mobil minta disiram bagian kondensor yang ada di bagian depan. Tapi jangan dengan air yang memiliki tekanan tinggi, karena bisa merusak hingga ke bagian kelistrikan mobil. Disemprot saja seperti biasa, agar debu yang menempel bisa hilang.

“Kondensor itu posisinya ada di depan, tepat di bagian grill, jadi debu yang masuk ditahan oleh kondensor. Setidaknya kita bersihkan setiap satu atau dua bulan sekali,” katanya lagi.

Jika AC mobil tidak terlalu dingin, jangan mengira freon sudah habis. Menurutnya, tidak ada istilah Freon habis, jika tidak bocor. Kecuali sudah digunakan selama dua atau tiga tahun pasti ada penyusutan, tapi tidak akan banyak.
“Freon tidak akan habis, kecuali kalau memang bocor itu baru habis, kalau tidak bocor Freon tidak akan habis,” tutup Hendra.


Rokok, Penyebab AC Jadi Cepat Rusak

Jumat, 14 Agustus 2015 | 07:38 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Kebiasaan buruk kebanyakan masyarakat di Indonesia adalah merokok di dalam kabin saat sedang berkendara. Biasanya, sambil merokok, Air Conditioner (AC) dibiarkan tetap menyala dan kaca jendela sambil dibuka. Kebiasaan ini bisa membuat saringan AC menjadi cepat kotor.

Hendra Poh, pemilik bengkel spesialis AC mobil GreenOto di jalan Dermaga Raya nomor 8 , Duren Sawit, Klender, Jakarta Timur, menyarankan, jika Anda sering merokok di dalam mobil, sebaiknya AC ikut dimatikan.

“Kalau mau merokok AC dimatikan, jendela buka tidak apa-apa, dan ketika sudah selesai baru AC kembali dinyalakan. Bukan masalah asap rokok, tapi debu dari jalan masuk, karena saat merokok pasti kaca jendela dibuka dan debu otomatis masuk ke saringan AC,” beber Hendra saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (13/8/2015).

Jika AC tetap dalam kondisi menyala, lama kelamaan filter AC yang ada di kabin cepat kotor. Mobil 2012 ke atas pasti sudah dilengkapi filter AC yang ditempatkan di dalam kabin. Saringan kotor bisa membuat AC mengalami masalah, seperti tidak dingin dan lain sebagainya.

Perawatan AC
Hendra juga menambahkan, untuk merawat AC sebaiknya saringan AC harus sering dibersihkan, minimal setiap enam bulan sekali atau 10.000 km dan mobil yang jarang digunakan ada baiknya ketika memanaskan mobil, AC ikut dinyalakan selama kurang lebih lima hingga tujuh menit.
“Agar lebih baik saja, ban yang tidak digunakan saja bisa berkurang tekanan anginnya, AC juga demikian, pasti akan ada dampaknya jika tidak pernah digunakan,” kata Hendra.



Pasang AC "Double Blower", Siapkan Rp 3 Jutaan

Jumat, 14 Agustus 2015 | 07:19 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Penyejuk ruang kabin atau air conditioner(AC) merupakan piranti wajib tersedia di kendaraan, termasuk mobil multi guna (Multi Purpuse Vehicle/MPV). Jenis MPV dengan ruang kabin yang luas, membutuhkan AC jenis double blower agar kesejukan udara sampai ke kursi baris ketiga. Tapi, masih ada produsen mobil yang menyediakan varian MPV dengan AC single blower.
Bagi yang memiliki MPV seperti Toyota Innova, Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, serta Honda Mobilio dan belum memiliki AC blower ganda jangan khawatir. Kini sudah banyak bengkel spesialis AC yang menerima jasa pasang AC double blower.

Salah satunya bengkel spesialis AC mobil GreenOto yang berada di jalan Dermaga Raya nomor 8, Duren Sawit, Klender, Jakarta Timur. Hendra Poh, pemilik bengkel mengatakan, untuk pemasangan AC double blowerpada MPV, harga dan modelnya tergantung permintaan konsumen.

“Kita ada yang original dan imitasi. Tapi saya lebih banyak pasang yang asli, karena yang imitasi kualitas serta tampilannya kurang bagus,” kata Hendra saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (13/8/2015).

Pria berkulit putih itu menambahkan, pasang AC double blower untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, harganya mulai Rp 3 jutaan hingga Rp 4,2 juta, sedangkan Toyota Innova mencapai Rp 10,5 sampai Rp 11 juta.

“Kita bicara yang asli, untuk Avanza pakai produk asli Rp 4,2 juta dan Innova Rp 11 juta paling mahal. Kita pakai produk Denso, karena Toyota berhubungan dengan Denso. Kalau yang imitasi ada, tapi hanya untuk Avanza, Innova tidak ada, karena harus menggunakan yang bawaan pabrik,” bebernya.

Ketika memasang AC double blower, Hendra menambahkan, tidak adapart yang harus diganti selain menambahkan atau instalasi kabel-kabel. Hanya saja untuk Innova harus mengganti plafon atas dan memasangkan AC double blower, sedangkan Avanza-Xenia tidak, karena tinggal memasang unit double blower.“Dari segi kualitas tentunya sama seperti AC double blower aslinya, karena kami menggunakan yang asli. Proses pengerjaannya juga hanya kurang lebih sekitar enam jam. 



Source : Kompas Otomotif 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Click to feed me!