Cara mengoperasikan AC mobil - GreenOTO

Cara mengoperasikan AC mobil



Sistem AC (air conditioner) saat ini merupakan peralatan wajib yang ada di setiap mobil. AC memberikan kenyamanan pada penumpang, agar tidak merasa gerah karena suhu yang meningkat di dalam kabin. Perkembangan AC pun kian maju, seperti automatic AC. Beberapa AC mempunyai beberapa tombol untuk pengaturannya. Berikut ini adalah beberapa tombol yang umum tersedia di panel AC :
1. Temperatur select
Tombol ini berfungsi untuk mengatur suhu udara yang keluar dari register (lubang angin) di dashboard. Tombol panah atas untuk menaikkan termperatur, sedang tombol panah bawah untuk menurunkan seting temperatur.
2. Blower speed select
Blower speed select berfungsi untuk mengatur kecepatan hembusan udara yang melewati register AC. Tersedia pilihan dari mulai slow, medium sampai high. Saat diposisikan HI, aliran udaranya kencang dan terkadang timbul suara. Sebaiknya setel pada posisi low / medium.
3. Blower off
Tombol blower off ini berfungsi untuk mematikan kerja dari motor blower. Saat tombol pada posisi off, AC juga tidak bekerja.
4. Auto
Tombol auto berfungsi untuk menghidupkan sistem A/C pada mode auto. Mode auto memungkinkan komputer AC / amplifier mengatur kecepatan blower, mengatur suhu udara yang keluar dari register dan mode hembusan udara. Fitur ini hanya terdapat pada automatic AC, sedang untuk AC manual tidak dilengkapi dengan tombol auto.
5. Front defogger
Tombol front defogger ini akan mengalirkan arus listrik ke elemen pemanas kaca depan. Tujuannya adalah memanaskan kaca depan agar tidak terjadi pengembunan pada area tersebut.
6. A/C
Tombol A/C digunakan untuk menghidupkan kerja sistem AC. Ketika tombol AC dinyalakan, akan keluar udara dingin dari register AC yang menandakan bahwa sistem AC sudah bekerja dengan normal.
7. Mode (air outlet)
Pada menu mode (air outlet ) ini, pengemudi dapat mengatur sumber dan arah hembusan udara dari register AC. Tersedia berbagai mode air outlet, seperti mode FACE, Bi Level, Foot & Defoger dan Defoger. Mode ini mengatur jumlah dan aliran udara apakah dari sisi tengah, samping, atau dari sisi kaki/foot.
8. Air inlet (refresh & recirc)
Mode air inlet ini mengatur apakah udara di dalam kabin akan disirkulasikan kembali ( Mode Recirc ), ataukah mengambil dari udara luar kabin ( Mode Refresh ). Mode recirc digunakan pada kondisi jalan raya pada umumnya, sehingga bau udara / asap knalpot kendaraan lain tidak masuk ke kabin. Sedang mode refresh digunakan pada saat berada di daerah yang sejuk, agar dapat menikmati udara tersebut tanpa membuka kaca jendela.
Beberapa tombol diatas adalah tombol operasi sistem AC secara umum. Pastikan selalu gunakan AC, agar perjalanan Anda menjadi nyaman. Matikan sistem AC sebelum mematikan mesin, agar pada saat mesin di start kembali, tidak terbebani dan mudah untuk dihidupkan. Semoga bermanfaat!

GreenOTO
" Specialist Ac Mobil "

WorkShop - Jakarta Timur ( Klender )
Rukan Duren Sawit Center
Jl.Dermaga Raya No:8 b
Jakarta Timur
( samping Pasar Otomotif Klender )


Source : otomotifinfo.com
Cara mengoperasikan AC mobil - GreenOTO Cara mengoperasikan AC mobil - GreenOTO Reviewed by RAZQA COM on August 15, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.